11 August 2011

oli - pelumas terbaru

Jakarta - Seperti tidak mau ketinggalan dari pabrikan mobil lain yang sudah lebih dahulu meluncurkan oli khusus, kini Mazda ikut rombongan dan mengeluarkan oli sintetik khusus mobil-mobil Mazda yang diberi nama Golden Eco.

Oli khusus mobil Mazda ini menurut After Sales Manager PT Mazda Motor Indonesia Tundjung Pangajom diklaim memiliki spesifikasi yang lebih baik dibanding oli-oli mobil yang beredar.

Sebab kekentalan oli ini adalah 0W-20 dengan grade API SM. Oli-oli yang beredar biasanya memiliki tingkat kekentalan 5W-30 atau 10W-40 dengan grade API SL. Sementara oli khusus Mazda lebih maju lagi.

Dengan standar SM 0W-20, Golden Eco diklaim mampu menjaga dan mengoptimalkan kinerja mesin baik ketika suhu dingin atau pun panas yang pada akhirnya membuat umur mesin jadi lebih tinggi.

"Oli ini sangat baik dalam melumasi mesin kendaraan. Mobil Mazda yang bisa pakai oli ini antara lain Mazda2, Mazda3, Mazda5, Mazda6, dan Mazda8 serta MX-5," jelas Tundjung di arena Indonesia International Motor Show (IIMS), Rabu (27/7/2011).

Dalam pengetesan yang dilakukan Mazda, Tundjung mengatakan kalau Golden Eco ini terbukti dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5,5 persen dibanding 5W-30 dan 6 persen bila dibanding dengan 10W-40.

Kadar CO2 yang dikeluarkan oleh mobil pun akan berkurang sebesar 167,20 kg/tahun dibanding dengan oli kategori 5W-30 dan 18,09 kg/tahun dibanding 10W-40. "Jadi bisa dibilang oli ini lebih ramah lingkungan," tandasnya.

"Harganya kemungkinan akan di bawah Rp 130 ribu per liter. Tapi oli ini belum bisa untuk dipakai di BT-50, CX-7 atau CX-9 ya. Untuk tipe-tipe tadi oli khususnya sedang kami kembangkan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment